Mengonsep Kembali Pendidikan Islam

Reviewer : Umi Hanik

Review buku Mengonsep Kembali Pendidikan Islam, Penulis: H. Munzir Hitami, Penerbit: Infinite Press, Jl. Tiram No. 10 Pekanbaru, Riau, Terbit: Februari 2004, ISBN: 979-3381-91-4, Tebal : 128 hal.

Buku yang berjudul Mengonsep Kembali Pendidikan Islam, yang ditulis oleh H. Munzir Hitami dan diterbitkan oleh Infinite Press dengan tebal 128 halaman ini menekankan pembahasan masalah pendidikan menurut konsep Islam dengan maksud memberikan sebuah deskripsi dan analisis tentang sosok sesungguhnya dan ideal tentang pendidikan yang benar-benar islami.

Buku ini juga memaparkan konsep dasar tentang alam, manusia dan ilmu  yang mendeskripsikan interaksi ketiga konsep tersebut dalam kaitannya dengan perkembangan pendidikan dengan beberapa prinsip dasar pendidikan yang ditawarkan, khususnya keterkaitan dengan nilai-nilai islam yang banyak mengambil dari ayat-ayat al-Qur’an maupun al-Hadith.

Tidak lupa pula dalam buku ini dijelaskan peiode pendidikan islam mulai dari masa pembinaan, keemasan, kemunduran dan masa kebangkitan serta pembaharuan.

Buku ini sangat baik untuk dijadikan bahan kajian dan renungan tentang hitam dan putihnya pendidikan, khususnya sejauh mana nilai islam tertanam dalam dunia pendidikan, karena di dalamnya juga memaparkan klasifikasi ilmu menurut para tokoh-tokoh islam seperti Ibnu Shina, al-Ghazali, Ibnu Khaldun yang mana pola pikir mereka sangat banyak mewarnai corak pendidikan yang islami.

Adapun sedikit kelemahan dalam buku ini adalah penulis tidak memberikan perbandingan antara pemikiran tokoh islam dengan tokok-tokoh non-islam yang tidak bisa kita pungkiri bahwa kita juga sangat membutuhkannya, terutama untuk pendidikan modern yang mungkin dapat diintegrasikan dan diterapkan bersama dengan harapan pendidikan islam tidak terlalu jauh ketinggalan.

Leave a comment