Pengertian Dan Dasar-Dasar Dan Tujuan Ilmu Pendidikan Islam

Reviewer Yusuf Hadi Santoso

Review buku Ikhtisar Ilmu Pendidikan Islam, Pengarang     : Drs. Cholil Usman, Tahun Terbit: 1 Januari 1998, Nama Percetakan: Duta Aksara Surabaya,  Tebal Buku:  72 Halaman

A.  PENGERTIAN ILMU PENDIDIKAN ISLAM

Ilmu pendidikan Islam ialah pengetahuan yang menjelaskan secara sistem chis dan ilmiah tentang bimbingan atau tuntunan kepada anak dalam perkembangannya agar tumbuh menjadi pribadi muslim sebagai anggota masyarakat yang hidup selaras dan seimbang dalam memenuhi kebutuhan hidup di dunia dan akhirat.

B.  DASAR-DASAR ILMU PENDIDIKAN ISLAM

Dasar religius ilmu pendidikan Islam adalah Al-Qur’an, As-Sunnah dan Ijtihad.

1.   Al-Qur’an

Ayat Al-Qur’an yang pertama kali turun adalah berkenaan masalah pendidikan di samping juga masalah keimanan. Allah berfirman yang artinya:

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Tuhanmulah Yang Paling Pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al-Alaq : 1-5).

2.   As-Sunnah

As Sunnah adalah dasar kedua sesudah Al-Qur’an terhadap segala aktivitas umat Islam terhamsuk aktivitas dalam pendidikan.

Banyak hadits yang berhubungan dengan pendidikan di antaranya Rasulullah SAW. Bersabda :

مَنْ كَتَمَ عِلْمًا اَلْجَمَهُ الله ُبِلِجَامٍ مِنَ النَّارِ (رواه ابن ماجه)

Artinya : “Barang siapa yang menyembunyikan ilmunya maka Tuhan akan mengekangnya dengan kekang berapi.” (HR. Ibnu Majah)

3.   Al Ijtihad

Yang dimaksud Ijtihad dengan kaitannya sebagai dasar pendidikan Islam adalah usaha sungguh-sungguh yang dilakukan ulama Islam di dalam memahami nas-nas Al Qur’an dan Sunnah Nabi yang berhubungan dengan penjelasan dan dalil tentang dasar pendidikan Islam, sistem dan arah pendidikan Islam.

C.  TUJUAN ILMU PENDIDIKAN ISLAM

Berdasarkan kesimpulan rumusan tujuan pendidikan Islam adalah “Membentuk muslim yang sempurna yakni berkepribadian mulia, sehat jasmani dan rohani, cerdas dan pandai, bertaqwa kepada Allah SWT”.

D.  TUGAS PENDIDIK (GURU)

Ahmad D. Marimba dalam bukunya “Pengantar Filsafat Pendidikan Islam” menyebutkan tugas-tugas pendidik (guru) sebagai berikut.

1.   Membimbing si terdidik

Mencari pengenalan terhadapnya mengenai kebutuhan, kesanggupan, bakat, minat dan lain sebagainya.

2.   Menciptakan Situasi untuk Pendidikan

Situasi pendidikan yaitu suatu keadaan dimana tindakan-tindakan pendidikan dapat berlangsung dengan baik dan dengan hasil yang memuaskan.

E.  PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Dalam pendidikan Islam, pendidik memiliki arti dan peranan sangat penting, hal ini disebabkan ia memiliki tanggung jawab dan menentukan arah pendidikan. Islam mengangkat derajat mereka dan memuliakan mereka melebihi dari pada orang Islam lainnya yang tidak berilmu pengetahuan dan bukan pendidik.

Allah SWT berfirman :

يرفع الله الذين امنوا منكم والّذين اوتو العلم درجات (المجادلة : 11)

Artinya : “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi pengetahuan beberapa derajat. (QS. Al-Mujadalah: 11)

F.   KONSEPSI ISLAM TENTANG BATAS-BATAS PENDIDIKAN

Menurut Al-Abdari anak dimulai dididik dalam arti sesungguhnya setelah berusia 7 tahun. Karena itu beliau mengeritik orang tua yang menyekolahkan anaknya pada usia yang masih terlalu muda. Yaitu sebelum usia 7 tahun. Para ahli pendidikan Islam yang lain mengemukakan bahwa batas awal pendidikan anak menurut Islam adalah sejak ia lahir dan dalam ayunan ibunya. Hal ini berdasarkan hadits Nabi SAW :

اطلب العلم من المهد الى اللّحد

Artinya : “Belajarlah (carilah ilmu) sejak engkau dalam buaian (ayunan) sampai ke liang lahat”.

G.  KELEBIHAN-KELEBIHAN

Kelebihan-kelebihan buku ini sangat banyak sekali di antara yaitu menjadi panutan bagi para pendidik dan orang tua terhadap anak-anaknya untuk mendidik yang baik dan benar yang nantinya akan menjadi anak yang bermanfaat bagi nusa, bangsa dan agama.

H.  KELEMAHAN-KELEMAHAN

Kelemahan-kelemahan buku ini adalah referensinya kurang lengkap, tebalnya hanya 72 halaman, sehingga untuk mencari bab-bab yang lain tidak ada yang ada hanya masalah pendidikan Islam saja. 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: