Ilmu Pendidikan Islam

Reviewer By    : Roisana Himatul A’la

Berikut ini adalah review buku “Ilmu Pendidikan Islamyang dikarang oleh Prof. H. M. Arifin, M.Ed, dengan penerbit BUMI AKSARA, 1991

Dilihat dari segi tujuan Islam diturunkan  tidak lain adalah untuk menjadi Rohmatan Lil’alamin.Tujuan tersebut mengandung implikasi bahwa islam sebagai agama wahyu mengandung petunjuk dan peraturan yang bersifat menyeluruh,meliputi kehidupan duniawi dan ukhrawi, lahiriah dan batiniah, jasmaniah dan rohaniyah.

Bila pendidikan diartikan sebagai latian mental, moral dan fisik yang bisa menghasilkan  manusia berbudaya tinggi,maka pendidikan berarti menumbuhkan personalitas (kepribadian) serta menanamkan rasa tanggung jawab.

Oleh karena itu, bila manusia yang berpredikat muslim, benar-benar akan menjadi penganut agama yang baik,menaati ajaran islam dan menjaga agar rahmat Allah tetap berada pada dirinya. Untuk tujuan itulah, manusia harus dididik melalui proses pendidikan islam. Pendidikan islam berarti sistem pendidikan yang dapat memberikan kemampuan seseorang untuk memimpin kehidupannya sesuai dengan cita-cita dan nilai-nilai Islam yang telah menjiwai dan mewarnai corak kepribadiannya. Pendidikan Islam berwatak akomodatif terhadap tuntutan kemajuan jaman sesuai acuan norma-norma agama.

Pendidikan Islam, bila dilihat dari aspek kultural umat manusia, merupakan salah satu alat pembudayaan (enkulturasi) masyarakat itu sendiri. Sebagai suatu alat, pendidikan dapat difungsikan untuk mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan hidup manusia kepada titik optimal kemampuannya dalam memperoleh kesejahteraan hidup didunia dan akhirat.

Untuk memperoleh suatu keberhasilan dalam proses pendidikan Islam, diperlukan adanya ilmu pengetahuan tentang pendidikan Islam baik bersifat teoretis maupun praktis. Beberapa alasan mengapa ilmu pendidikan sangat diperlukan, antara lain:

1. Pendidikan sebagai usaha membentuk pribadi manusia harus melalui proses yang panjang, dengan hasil (resultant) yang tidak dapat diketahui.

2. Pendidikan Islam yang bersumber dari nilai-nilai ajaran Islam menanamkan atau membentuk sikap hidup yang dijiwai nilai-nilai tersebut .

Pengembangan teorisasi ilmu pendidian Islam mencakup permasalahan kependidikan pada garis besarnya dapat dianalisis dair aspek-aspek konsepsional yaitu:

1. Hakikat pendidikan Islam adalah proses mendidik dan mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan anak didik agar menjadi manusia dewasa sesuai tujuan pendidikan Islam.

2. Asas pendidikan Islam adalah asas perkembangan dan pertumbuhan dalam perikehidupan.

3. Modal dasar pendidikan Islam adalah kemampuan dasar untuk berkembang dari masing-masing pribadi manusia sebagai karinia Tuhan.

Ruang lingkup Pendidikan Islam mencakup kegiatan-kegiatan kependidikan yang dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan dalam bidang atau lapangan hidup manusia meliputi:

1. Lapangan hidup keagamaan.

2. Lapangan hidup berkeluarga

3. Lapangan hidup ekonomi

4. Lapangan hidup kemasyarakatan

Persyaratan yang perlu dipenuhi oleh Pendidikan Islam sebagai disiplin ilmu menurut ilmu pengetahuan sosial secara umum mencakup hal-hal sebagai berikut;

1. Memiliki objek pembahasan yang jelas.

2. Mempunyai pandangan, teori, asumsi atau hipotesis yang bersumber ajaran Agama Islam.

3. Memiliki struktur keilmuan definitif.

Hal-hal tersebut diatas menunjukan bahwa suatu perkembangan keilmuan seperti dalam pendidikan merupakan proses yang mengandung sifat yang lentur dan relatif dalam mencari kebenaran ilmiah melalui kegiatan studi yang dilakukan.

Itulah sebabnya jenis ilmu pengetahuan di bedakan menjadi dua kategori,yaitu ilmu pengetahuan teoritis di satu pihak dan ilmu pengetahuan praktis da lain pihak yang satu sama lain saling mengembangkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: