Islam dan Masalah Sumber Daya Manusia

Reviewer : Mu’ayah

Review buku Islam dan Masalah Sumber Daya Manusia, Penulis: Muhammad Tholhah Hasan, Penerbit: Lantabora Press, Jakarta, Cetakan: 1 Ramadhan 424 H/ 27 Oktober 2003 M, Editor: Afif Nadjih Anies.

Dalam ayat-ayat al Qur’an terdapat sejumlah pernyataan yang mendudkkan manusia sebagai mahluk pilihan, berkualitas tinggi, kreatif dan produktif dengan sederet istilah yang dipasang: 1) sebagai kholifah di bumi, 2) sebagai mahluk yang diunggulkan, 3) sebagai pewaris kekayaan bumi, 4) sebagai penakluk sumber daya alam, 5) sebagai pengemban amanah, dll

Dalam sejarahnya yang panjang, memang hanya manusia saja yang telah membuktikan kesanggupannya dalam memadukan beberapa macam sumber daya untuk meningkatkan kualitas hidupnyamenjadi mahluk berbudayatinggi. Sumber-sumber daya itu adalah sumber daya alam (natural resource), sumber daya manusia (human resource) dan teknologi.

Kemudian timbul pertanyaan: mengapa ada sekelompok manusia yang mencapai kemajuan begitu cepat dan tinggi, sementarayang lainnya tidak mengalami kemajuan, malah mundur? Jawabannya adalah kembali kepada masalah “kkualitas sumber daya manusianya sendiri”, sejauh mana kreatifitas dan setinggi apa tingkat produktifitasnya.

Sumber daya manusia yang banyak tetapi tanpa kualitas yang bagus akan malah menjadi beban, sedangkan sumber daya manmusia yang baik adalah merupakan potensi. Sumber daya manusia yang berkualitas mempunyai dua potensi utama yaitu: a) gagasan-gagasan, kreasi dan konsepsi dan b) kemampuan dan keterampilan mewujudkan gagasan-gagasan tersebut dengan cara yang produktif.

Ada tiga dimensi yang harus diperhatikan dalam usahamemajukan kualitas manusia yaitu:

1. Dimensi kepribadian sebagai manusia, yaitu kemampuan untuk menjaga sikap tingkah laku, etika dan moralitas

2. Dimensi produkifitas yaitu yang menyangkut apa yang dihasilkan oleh manusia tadi

3. Dimensi kreatifitas yaitu kemampuan seseorang untuk berfikir dan berbuat kreatif, menciptakan sesuatu yang bergunabagi dirinya dan masyarakat

Ada beberapa hal yang dapat mempercepat peningkatan kualitas SDM manusia yaitu antara lain pendidikan, teknologi, kemajuan ekonomi dan terbukanya mobilitas vertical didalam masyarakat

Mengakhiri tulisan ini ada baiknya dibaca lagi sebuah hadits nabi Muhammad yakni “orang mukmin yang kuat itu lebih disukai oleh Alloh dari pada orang mukmin yang lemah masing-masing ada baiknya. Bersemangatlah mencapai apa yang bergunabagimu, dan mintalah pertolongan kepada Alloh dan janganlah menjadi lemah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: