MEMBANGUN REPUBLIK MAHASISWA YUDHARTA:

(Catatan Pembentukan BEM dan Senat Mahasiswa Yudharta)

Oleh: Amang Fathurrohman

Bulan Juni 2003 merupakan salah satu tonggak sejarah di Universitas Yudharta Pasuruan yang telah diukir dengan susah payah. Proses pemilihan BEM dan Senat Mahasiswa yang telah berlangsung dengan demokratis telah melahirkan satu wadah organisasi mahasiswa yang selama ini dinilai telah mati. Proses terbentuknya organisasi ini juga telah dinilai sebagai bangkitnya satu peradaban baru yang diharapkan menjadi salah satu wadah aktualisasi bakat dan minat mahasiswa Yudharta. Dan yang pasti proses pemilihan BEM dan senator ini telah menghasilkan presiden dan DPR-nya kampus Yudharta yang akan membawa amanah dan aspirasi mahasiswa Yudharta.

BEM dan Senat Mahasiswa merupakan satu organisasi kemahasiswaan intra kampus yang berfungsi sebagai wadah aktualisasi bakat dan minat mahasiswa, pengasahan profesionalisme skill kampus, pemberdayaan  dan pengabdian masyarakat (empowerment society), dan yang lebih ekstrim lagi adalah sebagai agen perubahan sosial (agen of change). Fungsi tersebut  bukanlah suatu fungsi yang menjadi slogan belaka yang hanya ditulis dalam materi kongres mahasiswa dan AD/ART saja, namun fungsi-fungsi tersebut harus bisa diimplementasikan secara nyata.

Untuk mewujudkan semua hal tersebut di atas tidaklah semudah membalikkan tangan atau mengucapkan saja, namun dibutuhkan suatu tindakan nyata dari para “punggawa-punggawa”  organisasi yang di dukung dengan sepenuh hati oleh “rakyatnya”. Karena organisasi bukanlah berfungsi untuk tampang nama, bukan pula untuk mencari gelar, atau menambah salah satu jabatan dalam curriculum vitae biar dipandang lebih gaya bagi para “punggawa” yang telah terpilih. Organisasi juga bukan milik para “punggawa” saja namun “rakyat” harus juga berpartisipasi dan ikut serta secara aktif di dalamnya. Tanpa ada kerjasama yang ikhlas antara “punggawa” dan “rakyat” niscaya implementasi kerja organisasi tidak akan berhasil secara memuaskan.

Untuk mewujudkan kerjasama dalam mengimplementasikan fungsi dari organisasi mahasiswa ini, maka langkah yang paling mendasar adalah membangun sebuah pondasi organisasi yang kokoh. Diantaranya adalah membangun visi, misi, dan ideologi organisasi secara jelas. Arah dan orientasi perjuangan organisasi sudah terbaca, difahami, dihayati secara jelas untuk dijadikan landasan gerakan perjuangan organisasi mahasiswa ini.

Yang kedua adalah adanya tata aturan permainan yang disepakati bersama, baik berupa struktur organisasi, AD/ART, maupun aturan-aturan organisasi yang lain. Pondasi ini penting agar terwujud satu pola perjuangan dalam mewujudkan tujuan organisasi. Selain itu juga untuk pembagian kerja yang jelas dan menghindari miss komunikasi antar lini organisasi dan one man show dalam mengimplementasikan semua program yang telah direncanakan.

Ketiga adalah kemandirian. Baik kemandirian dalam sisi financial maupun dalam sikap. Karena organisasi mahasiswa merupakan organisasi gerakan moral yang selalu bebas berekspresi menyuarakan suara dan mendarma-bhaktikan ilmunya sesuai dengan hati nurani dan kebenaran. Bukan merupakan organisasi mahasiswa yang bisa dikooptasi demi kepentingan golongan tertentu.

Keempat, terciptanya suatu sistem yang mampu menyerap dan mengimplementasikan aspirasi dan suara mahasiswa Yudharta secara fleksibel dan profesional yang bisa memberikan ruang gerak secara bebas untuk berekspresi dan berkarya sesuai dengan kebutuhannya.

Dari beberapa pondasi di atas, diharapkan republik mahasiswa yang baru terbentuk bisa memberikan “darah segar” bagi suatu perubahan dan pencerahan serta bisa menjadi katalisator dalam mewujudkan ide-ide cerdas mahasiswa Yudharta.

Sengonagung, 23 Juni 2003

Dini hari, 03.30 WIB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: