ORGANISASI: WADAH MEWUJUDKAN ALAM MAYA JADI NYATA [1]

Oleh: Amang Fathurrohman[2]

Bersatu Kita Teguh

Bercerai  ……”Kawin Lagi”

Ungkapan di atas bukanlah ungkapan humor yang selalu kita dengarkan untuk memplesetkan sebuah pepatah tentang persatuan. Namun bila kita telaah lebih dalam ungkapan ini merupakan satu entry point untuk memahami tentang sebuah organisasi.

Dalam sejarah kehidupan manusia, tidak ada atau dijumpai fakta yang menunjukkan bahwa manusia dapat hidup sendiri selama-lamanya.

Kelompok manusia selalu hidup bersama dan bekerja sama untuk mewujudkan cita-cita, impian, harapan, ide-ide yang bersemayam di alam maya agar menjadi sebuah kenyataan. Kegiatan yang terorganisir ini bisa disebut dengan organisasi. Bila disederhanakan untuk mendefinisikan tentang organisasi, yakni “adanya sistem dari sekelompok orang yang bekerja sama dalam melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu”.[3]

Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa yang dinamakan organisasi terdapat beberapa unsur, yakni: sistem, kumpulan orang, kerja sama, adanya kegiatan, adanya tujuan.

Semua unsur-unsur tersebut saling terkait antara satu dengan yang lain. Apabila ada kumpul-kumpul namun hanya untuk happy-happy (cangkru’an), hal tersebut masih belum dikategorikan sebuah organisasi. Begitu juga kalau ada tujuan namun dikerjakan oleh satu orang juga masih belum masuk kategori organisasi.

Banyak manfaat yang bisa diraih dalam sebuah organisasi. Katanya orang “pintar”: organisasi itu bisa diibaratkan dengan sapu yang diikat kuat sehingga untuk nggepuk orang yang mbalelo akan bisa klenger, tapi kalau dengan satu lidi saja….paling-paling akan terasa clekit. Dengan kata lain dengan sebuah organisasi maka akan terwujud sebuah kekuatan yang sangat luar biasa. Untuk mencapai dan mewujudkan cita-cita atau alam ide versi Plato, hal itu tidak akan ada kata sulit. Semua hal yang menjadi tujuan organisasi yang bersifat utopis sekalipun, apabila dilakukan sesuai dengan sistem, adanya kerjasama antar anggota untuk mewujudkan tujuan tersebut syetan-syetan model apapun yang akan menghalanginya…insyaallah akan kabur dan menyingkir.

Anda ingin bercita-cita menjadi orang top, selebritis, aktor yang terkenal seperti WS. Rendra, Ainun Nadjib…maka ikut, aktif dan berikhtiar dengan ikhlas di organisasi…disanalah jalan untuk mewujudkan anda menjadi seorang yang top dan terkenal.

Demikian sekilas info tentang organisasi, saya menyadari bahwa tulisan ini “masih bersifat basa-basi”, namun saya berharap keseriusan akan terjadi melalui diskusi kita kali ini. Untuk melengkapi coretan ini saya lampirkan tentang pondasi organisasi.

Selamat berdiskusi…………


[1] Disampaikan dalam Diklat 2 Teater Sanggar Seni El-Izzah pada tanggal 3 Januari 2004 di Universitas Yudharta Pasuruan

[2] Seorang hamba Tuhan yang lagi kesengsem sama Teater

[3] Penulis sengaja menebalkan beberapa huruf sebagai titik penekanan pembahasan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: