Pengantar Evaluasi Endidikan

Reviewer : Mar’atul Khosyi’ah

Judul Buku: Pengantar evaluasi pendidikan, Pengarang: Prof. Drs. Anas Sudijono, Tebal Buku: 487 halaman, Penerbit: PT. Raja Grafindo persada, Tempat Terbit  : Jakarta, Harga Buku      : Rp. 44.000

Dalam buku ini, membahas tentang penilaian atau evaluasi yang dilaksanakan di sekolah. Evaluasi pendidikan adalah kegiatan atau pproses penentuan nilai pendidikan, sehingga dapat di ketahui mutu atau hasil-hasilnya. Evaluasi pada proses pelaksanaan pengajaran akan mencakup: kesesuaian antara proses belajar mengajar yang berlangsung, dengan garis-garis besar program pengajaran yang telah di tentukan, kesiapan guru dalam melaksanakan program penganjaran, dan sebagainya. Fungsi evaluasi pendidikan secara umum, yaitu : mengukur kemajuan, menunjang penyusunan rencana, dan memperbaiki atau melakukan penyempurnaan kembali.

Pada dasarnya alat evaluasi hasil belajar terbagi menjadi dua yaitu teknik tes dan teknik non tes. Teknik tes adalah merupaka suatu kenyataan bahwa manusia dalam hidupnya berbeda antara individu yang satu dengan individu lainnya. Dengan alat pengukur berupa tes tersebut, maka orang akan berhasil mengetahui adanya perbedaan antar individu. Dan dapat diketahui pengertian tes adalah cara yang dapat di pergunakan atau prosedur yang perlu ditempuh dalam rangka pengukuran dan penilaian di bidang pendidikan, yang berbentuk pemberian tugas atau serangkaian tugas baik berupa pertanyaan-pertanyaan yang harus di jawab, atau perintah-perintah yang harus dikerjakan oleh testee, sehinggga atas dasar data yang di peroleh dari hasil pengukuran tersebut dapat dihasilkan nilai yang melambangkan tingkah laku atau prestasi testee, nilai mana dapat dibandingkan dengan nilai-nilai yang dicapai oleh testee lainnya, atau dibandingkan dengan nilai standar tertentu.

Perbadaan antara skor dan nilai. Skor adalah hasil pekerjaan menyekor (memberikan angka) yang di peroleh dengan jalan menjumlahkan angka- angka bagi setiap butir item yang oleh testee telah dijawab dengan betul, dengan memperhitungkan bobot jawaban betulnya. Nilai pada dasarnya adalah angka atau huruf yang melambangkan seberapa jauh atau seberapa besar kemampuan yang telah ditunjukkan oleh testee terhadap materi atau bahan yang diteskan, sesuai dengan tujuan intruksional khusus yang telah ditentukan. Nilai pada dasarnya juga melambangkan penghargaan yang yang diberikan oleh tester kepada testee atas jawaban betul yang diberikan oleh testee dalam tes hasil belajar. Artinya, makin banyak jumlah butir soal dapat dijawab dengan betul, maka penghargaan yang diberikan oleh tester kepada testee akan semakin tinggi. Sebaliknya, jika jumlah butir item yang dapat dijawab dengan betul itu hanya sedikit, maka penghargaan yang di berikan kepada testee juga kecil atau rendah.

Kelebihan buku ini mudah untuk dimengerti bagi pembaca dan lebih lengkap, dan disertai beberapa rumus yang berkaitan dengan evaluasi pendidikan.

Kekurangan harga yang agak mahal dan memiliki cover yang kurang menarik sehingga jika pembaca hanya melihat dari cover saja maka akan jarang yang tertarik untuk membacanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: