Mendeteksi Kerusakan Switch Ethernet D-Link

Ada kejadianterbaru dengan Hub/Switch Dlink yang saya gunakan untuk koneksi internet. Saat terjadihalilintar menyambar, tiba-tiba koneksi internet putus, tetapi switch hub tetap nyaladanbisa digunakanuntuk jaringan. Usut-punya usut ternyata ada kerusakan di switch hub saya walau kelihatannya normal.
Setelah diperiksa dan dibuka, ternyata ada satu buah IC Powernya terbakar dan retak yang kemungkinan ini disebabkan tegangan atau catu daya dari adaptor yang digunakan tersebut terlalu besar, kemudian IC 34063A setelah di buka dan dicari pengganti IC yang retak tersebut IC 34063A walaupun memang tidak sama persis dengan yang aslinya namun tetap dapat dipergunakan, IC ini tidak terlalu besar hanya dengan 8 pin saja namun sangat berperan dengan baik dalam pengaturan tegangan atau catu daya yang dibutuhkan untuk hub agar dapat bekerja dengan baik.

Jadi kesimpulan yang dapat di ambil dengan adanya kasus ini ada beberapa hal :
1. Koneksi sering terputus terkadang bukan dikarenakan dari sumber koneksinya yang kurang baik bisa saja ada masalah di hub atau switch yang digunakan
2. Stabilnya Catudaya atau sumber tegangan sangatlah penting agar peralatan elektronik dapat bekerja dengan baik.
3. Sebelum mengganti dengan yang baru ada baiknya di periksa terlebih dahulu, mana tau ada rangkaian elektroniknya ada yang rusak,
Comments
2 Responses to “Mendeteksi Kerusakan Switch Ethernet D-Link”
  1. This really is my first time i visit right here. I found so many interesting stuff inside your weblog particularly its discussion. From the tons of comments on your content articles, I guess I’m not the only one having all the enjoyment here! keep up the good function.

  2. aris says:

    sama…. saya jg pke dlink. pas kena petir, switch mati total. pas dipasang adaptor, bawah sitch hub jadi terasa panas. akhirnya ganti baru switchnya, jalan lagi internetnta. ada solusi ga ntuk mengganti IC nya??? apa IC nya dijual bebas????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: