Technopreneurship yang Baik

Summary:airsyadUntuk membangun technopreneurship yang handal memang tidak mudah. Ada persoalan-persoalan yang menghadangnya. Persoalan utamanya terletak pada mental model, yaitu suatu gambaran dari bayangan atau citra yang berpengaruh pada bagaimana individu memahami dunia dan bagaimana individu mengambil tindakan.

Mental model yang berkembang baik dikalangan BUMN maupun Pemerintah,

seperti rasa puas diri yang berlebihan terhadap keberhasilan masa lalu, sikap

masa bodoh terhadap perubahan lain yang terjadi di luar kepentingan BUMN dan Pemerintah dsb; telah membuat kita terfokus dan terjebak kepada hal-hal yang sangat teknis dan rutin, sehingga kita belum mampu membangun dan

mengembangkan BUMN secara optimal.

Mental model yang demikian telah membuat kita terjebak dalam pola pikir dan pola tindak yang tidak melihat segala sesuatu dalam kerangka pikir yang sistemik dan holistik. Dalam pola yang sistemik dan holistik, kita dituntut untuk mampu mengintegrasikan berbagai disiplin, sehingga menjadi koheren dan praktis. Di samping itu kita tidak boleh lagi melihat diri sendiri (apakah BUMN atau Pemerintah) sebagai bagian terpisah dari dunia, tetapi sebagai suatu bentuk keterkaitan. Dengan kata lain kita perlu merubah cara pandang kita (mindset), dari melihat masalah sebagai sesuatu yang disebabkan oleh pihak-pihak yang berada di luar kita, menjadi bagaimana tindakan kita menciptakan masalahseperti yang kita alami. Dalam istilah lain disebutkan sebagai metanoia yang berarti pergeseran pikiran. Dalam hal ini berpikir sistem tidak lain adalah suatu tempat dimana kita secara berkesinambungan menemukan cara, bagaimana menciptakan realitas kehidupan serta bagaimana merubahnya.

Jadi yang penting dilakukan baik oleh BUMN maupun Pemerintah adalah

merubah pola pikir konvensional dan konformistis, keluar dari mental model dan mau melakukan pergeseran pikiran, dalam kerangka pikir strategis. Dalam pandangan Peter Senge disebut dengan kemampuan membangun visi bersama antara BUMN (sebagai pelaku bisnis) dengan Pemerintah, yaitu gabungan dari visi masing-masing kemudian menjadi satu set prinsip-prinsip dan panduan pelaksanaan.

Mewujudkan technopreneurship yang Baik Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/business-management/management/2039123-mewujudkan-technopreneurship-yang-baik/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: