INNER BEAUTY bagi wanita masa kini

By. Siti Maimunah

Berikut ini adalah mengenai tips memancarkan inner beauty atau memancarkan kecantikan yang ada dalam diri anda yaitu :
• Senyum
Senyum dengan tulus merupakan ibadah. Rasulullah saw. bersabda,
فقال: (وتبسمك في وجه أخيك صدقة) رواه الترمذي وصححه ابن حبان.
“Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah.” At Tirmidzi dalam sahihnya.
“Wajah merupakan cermin yang tepat bagi perasaan hati seseorang. Senyum lebih berharga dibanding sebuah pemberian yang dihadiahkan seorang dan lebih menarik dari lipstik dan bedak yang menempel di wajah seorang wanita. Senyum bukti cinta tulus dan persahabatan yang murni.”

“Ingatlah, bahwa senyum tidak membutuhkan biaya sedikitpun, bahkan membawa dampak yang luar biasa. Tidak akan menjadi miskin orang yang memberinya, justeru akan menambah kaya bagi orang yang mendapatkannya. Senyum juga tidak memerlukan waktu yang bertele-tele, namun membekas kekal dalam ingatan sampai akhir hayat. Tidak ada seorang fakir yang tidak memilikinya, dan tidak ada seorang kaya pun yang tidak membutuhkannya.”
• Bersyukur
Banyak bersyukur untuk lebih mendekatkan diri dan berterima kasih kepada Tuhan atas segala karunia dan anugerah yang telah diberikan kepada kita. Dengan bersyukur maka kecantikan dari dalam seseorang akan semakin bersinar.
Ada bebeapa berntuk bersyukur.
Pertama, bersyukur dengan hati yakni ungkapan kepuasan dalam batin atas anugerah yang diperoleh.
Kedua, bersyukur dengan ucapan yakni mengakui angerah dan memuji pemberinya.
Ketiga, bersyukur dengan perbuatan yakni bekerja memelihara, memanfaatkan dan mengembangkan angerah yang diperoleh sesuai tujuan pemberian anugerah tersebut.
Apabila seseorang tidak pandai bersyukur, setidaknya ada empat penyakit yang akan menghinggapi orang tersebut, yakni:
1) Sombong dan angkuh.
2) Ananiah. Yakni hanya mementingkan diri sendiri sehingga dia tidak mau menganjurkan untuk memberi makan kepada fakir miskin.
3) Serakah, tamak, loba dan egois yang berlebihan.
4) Cinta harta yang berlebihan. Orang-orang yang cinta harta ini biasanya akan lalai dengan tugas dan tanggung jawabnya apalagi untuk menunaikan perintah Allah SWT.

• Percaya diri
yakinkanlah bahwa diri anda mampu untuk melakukan segala hal yang belum anda lakukan, orang lain pun bisa melakukannya, kenapa anda enggak? Biasakan untuk mencoba hal-hal positif, atur diri anda untuk tidak menyerah sebelum melakukan perbuatan.
• Cerdas dan Memperluas wawasan
Luangkan sedikit waktu ditengah kesibukan anda untuk memperluas wawasan. Banyak hal yang bisa dikerjakan misalnya dengan membaca buku, apalagi di zaman sekarang ini, informasi dapat di ketahui dengan mudah melalui internet, handphone, Koran, dan sebagainya. Bahkan beragam kitab dapat dilihat hanya dengan melihat computer. Selain itu berdiskusilah dengan teman atau orang lain yang ada disekeliling anda. Mungkin orang lain banyak mengetahui segala hal tentang apa-apa yang tidak kita ketahui. Jangan pernah memandang orang lain dengan sebelah mata dengan kata lain merendahkan seseorang, karena setiap orang mempunyai kelebihan antara yang satu dengan yang lain.
• Fokus kepada pekerjaan dan tanggung jawab.
Jika anda sedang melakukan pekerjaan maka fokuskanlah pikiran anda pada pekerjaan tersebut. Jangan ngelamun, dan selesaikan pekerjaan tersebut tepat waktu. Untuk belajar fokus aturlah diri anda bahwa segala sesuatu yang kita kerjakan akan dipertanggungjawabkan kepada orang lain, diri sendiri, bahkan kepada Allah SWT.
• Bijaksana menanggapi keadaan dan Kendalikan emosi.
Dalam kehidupan sehari-hari yang kita lewati tidak selamanya berjalan dengan mulus. Terkadang banyak hal yang membuat kita kesal atau marah yang disebabkan oleh seseorang. Bersabarlah, kendalikan emosi semua kemarahan adalah datang dari setan, maka jauhilah setan karena dia adalah musuh bagi orang-orang yang beriman. Berusahalah untuk tidak menyakiti orang lain, mulai belajar mendengarkan dan memahami orang lain.
• Luangkan waktu untuk orang lain.
Mulai belajar mendengarkan dan memahami orang lain serta memupuk kesabaran. Jangan beranggapan bahwa kita hidup seorang diri.
• Bersih Merawat diri dengan baik.
Jauhi kesan jorok, berusahalah untuk tetap segar sepanjang hari. Rawat diri dengan baik, hindari bau badan dan bau mulut, mandi secara teratur, minimal dua kali sehari. Untukmenjaga tubuh tetap fit dan fresh jangan malas untuk berolah raga secara teratur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: